Ada yang pernah mencicipi wisata edukatif di Yogyakarta? Mari mlipir sejenak ke Taman Pintar. Destinasi yang akan mengantarkan kita pada dunia sains dan perkembangannya.

Ketika masuk gerbang utama, kita akan disambut dengan replika gong besar: gong perdamaian. Di depan gong tersebut adalah gedung oval dan kotak, serta gedung memorabilia. Setelah membeli tiket, kita dibebaskan untuk masuk ke gedung manapun terlebih dahulu.

Saran saya, lebih baik masuk gedung memorabilia terlebih dahulu. Kenapa? Karena cakupan gedung ini hanya satu lantai. Sesuai dengan namanya, gedung ini bertujuan agar kita jasmerah (jangan sekali-kali melupakan sejarah). Gedung ini berisi tentang sejarah kepresidenan, pahlawan, sejarah kesultanan keraton Yogyakarta, sejarah pendidikan, benda-benda khas presiden, dan sebagainya.

Setelah selesai bernostalgia dengan sejarah, saatnya memasuki gedung oval dan kotak. Sesaat setelah melewati petugas tiket, kita akan dipayungi dengan aquarium air tawar raksasa, dilanjut zona kehidupan purbakala. Di zona ini kita akan disambut replika dinosaurus raksasa.

Dome area adalah tempat yang akan tersaji berikutnya. Pada area ini, mata kita akan disuguhi penampakan tata surya di langit-langit dome. Di sini juga tersedia percobaan-percobaan fisika, seperti paku ajaib, generator van de graf, dan sebagainya. Di bagian sudut, ada pojok kreasi, sedangkan di  bagian tengah ada demo sains. Jika ada hal yang ingin kalian kepoin mengenai materi dasar sains dari alat peraganya, tenang saja, di sana ada pemandu yang siap menjelaskan.

Memasuki lantai dua, kita akan menikmati wahana-wahana edukatif lainnya, seperti simulator gempa, zona nuklir, zona argo, terowongan ilusi, generator pedal, zona teknologi komunikasi, dan sebayanya.

Memasuki gedung kotak (gedung ini sambungan dari gedung oval), akan ada wahana yang tak kalah seru. Pada tempat ini kita akan belajar di replika candi borobudur, seperangkat gamelan, koleksi keris, batik, dan tokoh wayang. Selain itu, juga ada wahana pengolahan susu, planning city, pengolahan air, dan minyak bumi. Juga ada simulator motor dan mesin kendaraan. Di gedung kotak ini juga terdapat perpustakaan Taman Pintar.

Naik ke lantai tiga, akan ada zona televisi. Di zona ini, kita akan belajar roleplay bagaimana cara menyuguhkan sebuah program di sebuah televisi. Pada bagian lain, terdapat zona lukis kaos dan lukis gerabah, serta theatre tiga dimensi.

Setelah puas menjelajah, pintu keluar sebagai muara akhir. Kita akan masuk pada foodcourt, tempat cendera mata, dan shopping centre.

Pada bagian luar gedung, terdapat zona kreativitas seperti zona gerabah dan batik tulis.  Pada sisi lain, juga tersedia zona air dan beberapa alat peraga sains. Di samping itu, ada gedung PAUD barat dan timur.Tenang, di dalamnya juga ada pemandu yang siap membantu. Gedung ini spesial untuk anak-anak. Di sebelah gedung PAUD, ada gedung yang menarik banget. Gedung ini adalah planetarium. Wahana ini akan memanjakan mata pada konstelasi bintang di angkasa secara tiga dimensi.

Jadi bagaimana? Mau mencoba wisata edukatif yang kece ini? Cukup dengan membayar tiket Rp.10.000 untuk anak-anak dan Rp.18.000 untuk dewasa, kita dapat belajar sebagian besar wahana di Taman Pintar.

Tangsel, 12 Juni 2017
Rizal Alfaoji Kusnain | @alfaoji

#30dwcjilid6 #squad2 #day27